Skip to main content

Menghasilkan Uang di YouTube: Panduan Pembuat Konten untuk Mengubah Konten menjadi Kas

Bintang YouTube adalah selebriti self-made hari ini: Orang-orang yang telah mendapatkan penonton dengan membuat konten yang diarahkan untuk pengajaran, hiburan, peninjauan, dan menjadi hebat di internet.
Dan kebanyakan melakukannya hanya untuk melakukannya - untuk menggaruk gatal untuk menciptakan sesuatu dan berada di depan audiens.
Menghasilkan uang dari saluran YouTube mungkin bukan alasan Anda akan memulai bisnis Anda, tapi peluang untuk mendapatkan penghasilan adalah kejutan yang menyenangkan begitu Anda menyadari berapa banyak dari mereka.
Sebenarnya, New Media Rockstars memperkirakan bahwa YouTuber teratas bisamenghasilkan jutaan, beberapa bahkan dalam puluhan juta.
Berikut adalah beberapa perkiraan mereka:
Namun, saluran YouTube di sisi yang lebih kecil masih dapat dimonetisasi. Potensi penghasilan Anda tidak ditentukan hanya oleh jumlah pelanggan dan pandangan yang Anda miliki, tetapi juga oleh tingkat keterlibatan yang Anda hasilkan dan niche yang Anda minati.
Yang mengatakan, sebelum kita berbicara tentang bagaimana menghasilkan uang di YouTube, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang penampilan audiens Anda terlebih dahulu.
ikon template
YouTubers: Terapkan untuk Bergabung dengan Shopify Storytellers
Ceritakan kisah kewirausahaan Anda, menghasilkan uang, dan menumbuhkan bisnis YouTube Anda dengan Shopify Storytellers.
Belajarlah lagi

Memahami Demografi Pemirsa Anda

Membangun audiens Anda sendiri menempatkan Anda pada posisi yang bagus untuk menghasilkan uang dengan berbagai cara. Tapi Anda hanya bisa memanfaatkan sepenuhnya peluang yang Anda miliki jika Anda memahami susunan audiens Anda.
Bagi banyak YouTuber yang ingin memonetisasi, semakin banyak saluran Anda, semakin baik posisi Anda untuk bekerja dengan merek yang ingin menargetkan khalayak tertentu (lebih banyak lagi nanti).
Lihat informasi demografis pemirsa Anda dengan mengklik di sini .
demografi pemirsa youtube
Anda pasti ingin memperhatikan dengan seksama:
  • Jenis kelamin untuk distribusi laki-laki dan perempuan, dan jika audiens Anda salah satu cara.
  • Usia untuk rentang yang sebagian besar anggota audiens Anda terjatuh.
  • Lokasi geografis  untuk negara atau kota tempat pemirsa menonton video Anda dan beberapa merek mungkin ingin fokus.
  • Waktu Tontonan : Keterlibatan keseluruhan pemirsa Anda dengan menonton video Anda.
  • Kombinasi di atas  untuk melukis gambaran pemirsa Anda yang lebih akurat dengan melihat hal-hal seperti jumlah pemirsa laki-laki yang Anda miliki dalam rentang usia tertentu.
Dengan informasi demografis ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang audiens Anda sendiri dan juga dapat bekerja lebih baik dengan merek. Untuk informasi lebih lanjut tentang menafsirkan analisis YouTube Anda, lihat pos ini .
Sekarang, kita bisa mulai berbicara tentang berbagai cara Anda benar-benar bisa menghasilkan uang.

Menghasilkan Uang di Youtube

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang di Youtube.
  1. Jadilah Mitra YouTube dan Menghasilkan Uang Dari Iklan
  2. Menghasilkan Uang Di YouTube Dengan Menjual Produk atau Merchandise
  3. Crowdfund Proyek Kreatif Anda Berikutnya
  4. Biarkan Pemirsa Anda Mendukung Pekerjaan Anda Melalui Dana dari Penggemar
  5. Lisensi Konten Anda ke Media
  6. Bekerja dengan Merek sebagai Influencer
Mari kita lihat lebih dalam masing-masing.

1. Menjadi Mitra YouTube dan Menghasilkan Uang Dari Iklan

Aliran pendapatan pertama yang mungkin Anda jelajahi adalah iklan.
Anda harus menetapkan diri sebagai Mitra YouTube, yang mudah dilakukan di bagian Creator Studio di akun YouTube Anda dengan membuka menu Saluran untuk memverifikasi akun Anda dan mengaktifkan Monetisasi ( klik di sini untuk langsung ke sana).
Setelah menjadi Mitra, Anda harus memiliki akun AdSense untuk masuk ke jaringan periklanan Google agar benar-benar mendapatkan bayaran dan melihat laporan pendapatan iklan seperti yang ada di bawah ini. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisamengajukan penawaran di sini .
pendapatan iklan youtube
Setelah selesai, Anda akan melihat "$" hijau di samping video Anda di Pengelola Video, yang menunjukkan apakah telah diaktifkan untuk monetisasi, yang dapat Anda klik untuk mengakses setelan monetisasi untuk setiap video.
Mudah dipasang, namun iklan sebagai mitra YouTube jauh dari arus pendapatan paling menguntungkan yang dapat Anda ciptakan untuk diri Anda sendiri. 

Mengapa Anda Harus Membuka Iklan untuk Pendapatan?

YouTube baru-baru ini mendapat banyak reaksi balikkarena keputusannya untuk lebih transparan mengenai periklanan di platform dan konten yang memenuhi syarat sebagai "ramah pengiklan".Pada dasarnya, banyak pencipta takut mereka akan kehilangan pendapatan iklan yang membantu mendukung saluran mereka karena sifat konten mereka.
Menurut YouTube , konten Anda bisa dikecualikan dari iklan jika menyertakan:
  • Konten sugestif seksual, termasuk ketelanjangan parsial dan humor seksual
  • Kekerasan, termasuk terjadinya luka serius dan kejadian yang berkaitan dengan ekstremisme kekerasan
  • Bahasa yang tidak pantas, termasuk pelecehan, kata-kata kotor dan bahasa vulgar
  • Promosi obat-obatan dan zat-zat yang diatur, termasuk menjual, menggunakan dan menyalahgunakan barang-barang tersebut
  • Subjek dan peristiwa kontroversial atau sensitif, termasuk topik yang berkaitan dengan perang, konflik politik, bencana alam dan tragedi, bahkan jika citra grafis tidak ditunjukkan.
Namun kenyataannya YouTube telah mengenalkan konten yang tidak dianggap "ramah pengiklan" sejak 2012 melalui proses otomatis.
YouTuber sudah kehilangan pendapatan iklan karena terkadang video mereka di demonetisasi tanpa peringatan dan tanpa sepengetahuan mereka.
Sekarang situasinya benar-benar lebih baik, karena pencipta diberi tahu saat hal ini terjadi dan dapat melawan video apa pun yang salah dikecualikan dari jaringan periklanan YouTube.
    Periklanan mungkin merupakan sarana umum untuk menghasilkan pendapatan pasif bagi pencipta, namun trade-offnya adalah  YouTube mendapatkan sekitar 45% pangsa pendapatan iklan .  
    Singkatnya, YouTuber harus mengeksplorasi aliran pendapatan lainnya untuk mempertahankan hobi kreatif mereka.
    Jadi mari kita lakukan itu.

    2. Menghasilkan Uang Di YouTube Dengan Menjual Produk atau Merchandise

    Ikon Template
    Jual barang lebih mudah dari yang Anda pikirkan!
    Pelajari bagaimana membangun toko Anda sendiri dan menjual kaos, mug, dan barang dagangan lainnya diThe  Ultimate Guide to Setting a T-Shirt Store.
    MENDAPATKAN PETUNJUK GRATIS
             atau cari produk sekarang
    Menjual barang dagangan-t-shirt, cangkir kopi, tas jinjing, snapback, sebutkan saja-memiliki keuntungan di luar pendapatan.
    Ini meningkatkan keterpaparan Anda dengan menempatkan merek dan kepribadian online Anda ke sana ke dunia offline, dan memperdalam hubungan antara Anda dan penggemar Anda karena mereka benar-benar "membeli" apa yang Anda lakukan.
    roman atwoodRoman Atwood menjual berbagai barang dagangan di tokonya sendiri di bawah merek Smile More-nya. 
    Menjual merek swag lebih mudah dari pada awalnya.
    Anda bisa memesan desain terjangkau yang disesuaikan untuk produk tertentu, seperti t-shirt, menggunakan situs freelance seperti  Fiverr .
    Dan ketika menangani pesanan dan pelanggan, Anda dapat mengintegrasikan toko Anda dengan layanan seperti Oberlo atau salah satu dari banyak penyedia cetak-on-demand yang mengurus semua pengiriman, pemenuhan dan dukungan pelanggan, membiarkan Anda menuai semua manfaat dari  bisnisdropshipping yang menuntut usaha lebih sedikit dari pihak Anda. Plus, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pencetakan apapun sampai Anda benar-benar melakukan penjualan. 

    Set Up Your Own Store di Shopify Today!

    Mulai uji coba gratis 14 hari Anda-tidak diperlukan kartu kredit.


    Sebagai alternatif, Anda dapat bermitra dengan jaringan merchandising yang ada untuk pencipta seperti  DFTBA(Jangan Lupakan untuk Menjadi Luar Biasa). Namun, Anda akan bersaing dengan YouTuber lainnya di pasar dan kurang memiliki kontrol untuk menambahkan produk, menawarkan diskon, mengintegrasikan konten Anda, dan semua kelebihan yang menyertainya dengan memiliki situs e-commerce Anda sendiri.
    Anda bahkan bisa melangkah lebih jauh dengan membuat dan menjual produk unik Anda sendiri, menyalakan bisnis Anda dengan saluran YouTube Anda seperti  Luxy Hair  untuk menjual ekstensi rambut mereka dengan tutorial video how to video yang terkait dengan rambut.
    Sebagai YouTuber yang sudah mendapatkan audiensi, Anda akan memiliki dua keuntungan dari awal bahwa pemilik toko lainnya akan cemburu:
    1. Mesin konten yang secara konsisten mengarahkan lalu lintas ke toko Anda.
    2. Kepercayaan audiens Anda , yang telah Anda dapatkan dengan secara teratur menyajikan merek konten Anda sendiri secara gratis.

    3. Crowdfund Proyek Kreatif Anda Berikutnya

    Bila uang adalah semua yang berdiri di antara sebuah gagasan dan eksekusi, crowdfunding adalah cara yang baik untuk mewujudkannya.
    Apakah Anda memerlukan bantuan untuk membeli peralatan yang lebih baik, mempekerjakan aktor atau menutupi biaya produksi lainnya, Anda dapat memanggil audiens Anda sendiri dan komunitas crowdfunding untuk mengajukan jika ide Anda cukup menarik.
    Banyak proyek kreatif crowdfunded yang sukses cenderung menawarkan puncak menyelinap atau "trailer" yang membuat orang bersemangat, jadi pertimbangkan untukmengambil video yangmenjelaskan proyek Anda atau menawarkan rasa seperti apa adanya, seperti Kickstarter populer untuk Kung Fury ini , sebuah Film pendek memberi penghormatan kepada film laga tahun 80an.
    proyek kreatif crowdfunding
    Situs crowdfunding populer dengan track record yang terbukti dari kampanye dari YouTuber meliputi:
    • Kickstarter : Salah satu situs crowdfunding yang paling terkenal dan bagus untuk mendanai produk keren dan proyek kreatif. Pastikan untuk menetapkan target pendanaan yang dapat dicapai karena Anda hanya akan mengamankannya jika Anda benar-benar memenuhi tujuan yang Anda tetapkan.
    • Indiegogo : Alternatif Kickstarter yang menawarkan pilihan pendanaan lebih fleksibel.

    4. Biarkan Pemirsa YouTube Anda Mendukung Kerja Anda Melalui Dana dari Penggemar

    Mirip dengan proyek crowdfunding, Anda juga bisa mengatur aliran dana penggemar untuk mendapatkan sumbangan dari audiens Anda.
    Sebagai pencipta, Anda menyumbang suara ke internet tanpa memaksa pemirsa untuk membayar tiket masuk. Jadi, jika kontennya bagus, audiens Anda mungkin cenderung mendukung Anda secara berkelanjutan.
    Banyak platform pendanaan penggemar menawarkan kepada pencipta tempat lain bagi orang untuk menemukan konten mereka dan cara untuk melibatkan pemirsa mereka yang paling setia dan memberi penghargaan atas dukungan mereka.
    menghasilkan uang dari youtube
    Tunggu Tapi Mengapa menciptakan konten yang lebih panjang daripada video YouTube dan mendapat banyak dukungan dari komunitas Patreon. 
    Beberapa pilihan pendanaan penggemar yang populer meliputi:
    • Pendanaan Penggemar YouTube : Fitur di YouTube pada dasarnya memungkinkan Anda membuat "stoples tip" bagi pemirsa Anda untuk menyumbangkan kapanpun dan betapapun mereka merasa berkontribusi. Anda harus menyiapkan akun YouTube untuk iklan seperti yang dijelaskan di atas.
    • Patreon : Platform keanggotaan yang memudahkan pencipta untuk mendapatkan bayaran. Penggemar dapat berlangganan pencipta favorit mereka sesedikit satu dolar sebulan dan menerima penghargaan eksklusif.
    • Tipeee : Memungkinkan Anda mendapatkan kombinasi dari sumbangan satu kali dan berulang

    5. Lisensi Konten Anda ke Media

    Jika Anda kebetulan membuat video viral dengan daya tarik massa-katakanlah, klip lucu yang menampilkan anjing Anda-Anda bisa memberi lisensi konten Anda dengan imbalan uang.
    Saluran berita TV, acara pagi, situs berita online, dan pembuat konten lainnya mungkin akan mengetahui tentang hak untuk menggunakan video Anda jika mereka terkena virus.
    Namun Anda juga bisa mendaftarkan video Anda di pasar seperti Juken Media dimana konten Anda akan memudahkan orang yang tepat untuk menemukan dan membeli. 
    menghasilkan uang di youtube dengan memberi lisensi konten
    Ketika video seorang wanita yang mengenakan topeng Chewbacca menjadi terinfeksi, banyak media yang dicari. 

    6. Bekerja dengan Merek sebagai Influencer

    Pemasaran influensa akan menjadi salah satu landasan iklan pada dekade berikutnya.
    Merek berinvestasi lebih banyak dan lebih banyak lagi dalam pemasaran influencer, menghabiskan anggaran periklanan mereka yang biasanya besar pada influencer yang telah memenangkan loyalitas khalayak mereka.
    Ini menciptakan peluang besar bagi Anda sebagai pencipta jika Anda bisa menegosiasikan kesepakatan yang benar.
    Brendan Gahan , pakar pemasaran dan influencer YouTube, merekomendasikan agar Anda menetapkan biaya flat dasar Anda dengan melihat jumlah penayangan yang biasanya diperoleh video Anda dan mengalikannya dengan 5 sampai 15 sen per tampilan (yaitu sekitar berapa banyak merek yang bersedia membayarnya dilihat melalui iklan YouTube).
    Bergantung pada pengaruh Anda - demografi pemirsa Anda, kualitas konten dan seberapa unik dan menguntungkan niche Anda - Anda mungkin bisa menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik jika merek itu sesuai.  
    Untuk memberi Anda gagasan lain tentang biaya yang dapat Anda tanggung, seorang influencer tingkat menengah membebankan merek rata-rata $ 200 sampai $ 500 per pos , menurut sebuah penelitian.
    Studi yang sama juga menunjukkan bahwa sekitar 69% dari YouTuber yang disurvei tidak berpikir bahwa bermitra dengan merek mengurangi keasliannya.
    Kunci saat bermitra dengan konten yang disponsori merek harus transparan tentang hal itu-tidak mendukung apa pun yang sebenarnya tidak Anda sukai atau yakini, dan menjadi prioritas dengan audiens Anda mengapa Anda melakukannya.
    Berikut adalah beberapa pasar influencer yang bisa Anda tambahkan ke saluran dan ditemukan oleh merek baik besar maupun kecil:
    • Grapevine Logic : Salah satu pasar influencer yang lebih populer, Anda hanya membutuhkan 1000 pengikut untuk bergabung.
    • Famebit : Dengan berbagai merek untuk digunakan, Anda mungkin akan menemukan kesempatan sponsor yang akan Anda banggakan menjadi bagian dari. Anda membutuhkan 5000 pengikut untuk bergabung.
    • Halaman Saluran : Bermitra dengan YouTuber dan merek lainnya.
    • Crowdtap : Lengkapi pembuatan konten kecil "tugas" dengan imbalan uang dan imbalan lainnya.Tidak ada batasan berapa banyak pengikut yang perlu Anda ikuti.
    Beberapa influencer pasar menawarkan produk gratis, sementara yang lain dikenal memiliki merek besar yang bersedia membayar lebih.Memanfaatkan peluang yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, namun daftarkan diri Anda sebanyak mungkin tempat untuk memastikan visibilitas maksimum saluran Anda.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang cara kerja konten sponsor atau penempatan produk ke dalam video Anda, lihat Panduan YouTube untuk Penempatan Produk Berbayar.

    Cara "Menjual" Tanpa Mengganggu Pemirsa Anda

    Banyak strategi di atas untuk memonetisasi melibatkan mempromosikan produk (misalnya toko Anda) atau kampanye (misalnya berkokok dengan seri video). Anda tetap perlu membuat audiens Anda menyadari hal ini tanpa menyabotase integritas konten Anda.
    "Menjual ke luar" untuk audiens mereka adalah perhatian nyata bagi banyak pencipta. Tapi jika Anda tidak pernah bertanya, Anda tidak akan pernah bisa.
    Ada sejumlah "penempatan" yang dapat Anda pilih untuk mempromosikan produk atau kampanye Anda.

    Catat sebuah Panggilan Bertindak di Video Anda

    "Jika Anda menyukai video ini, tekan tombol seperti itu dan berlangganan."
    Banyak YouTuber menyertakan ajakan bertindak sepanjang baris tersebut di akhir video mereka untuk meningkatkan penayangannya. Dengan menyarankan tindakan yang Anda ingin mereka ambil, audiens Anda lebih cenderung untuk benar-benar mengambilnya.
    Anda dapat menyesuaikan pendekatan ini untuk mengarahkan perhatian audiens ke peluang menghasilkan pendapatan.

    Tambahkan Well-Timed YouTube Cards ke Video Anda

    Entah itu bagian dari kesepakatan Anda dengan merek atau Anda mempromosikan produk Anda sendiri, Kartu YouTube menawarkan cara yang menarik untuk menarik perhatian pemirsa yang terlibat.
    Anda dapat mengaturnya untuk muncul pada saat yang tepat saat mereka paling relevan dan paling tidak mengganggu untuk meningkatkan dampaknya. 
    bagaimana membuat uang di youtube

    Tambahkan Tautan ke Deskripsi Video Anda

    Anda dapat menyalurkan pemirsa ke toko Anda, laman Patreon, kampanye Kickstarter, atau bagian yang menarik perhatian lainnya dari kehadiran online Anda dengan menambahkan tautan ke deskripsi video Anda.

    Promosikan Penawaran Anda di Platform Lain

    Hanya karena konten Anda di-host di YouTube, tidak berarti Anda seharusnya tidak mengambil keuntungan dari semua saluran lain di luar sana untuk didistribusikan.
    Sebarkan berita tentang kampanye baru atau diskon di Twitter, Facebook dan profil lain yang mungkin Anda miliki.
    Semakin banyak tempat pesan Anda hidup, semakin besar kemungkinan itu akan terlihat.Jadi selalu ide bagus untuk menumbuhkan media sosial Anda setelah melampaui YouTube.

    Bangkitnya "YouTubepreneur"

    Apa yang memaksa pencipta kebanyakan untuk menciptakan jarang uang. Ini adalah pemikiran untuk membuat sesuatu bagi dunia untuk dinikmati.
    Tapi ironisnya, hal itu menempatkan mereka pada posisi yang bagus untuk benar -benar menghasilkan  uang di dunia yang terobsesi dengan konten.
    Sementara bagian yang sulit bagi banyak bisnis semakin menarik perhatian audiens mereka, YouTuber sudah menduga hal itu sedikit.
    Yang tertinggal hanyalah kreatif - menyalurkan dorongan wirausaha untuk mengeksplorasi gagasan - dengan bagaimana Anda memilih untuk memonetisasi gairah Anda.

    Ad by Adsterra