Apakah Anda ingin memulai halaman Facebook untuk bisnis Anda tapi tidak yakin harus mulai dari mana?
Apakah Anda penasaran tentang bagaimana mengelola halaman secara efektif dan aman?
Pada artikel ini, Anda akanmenemukan cara membuat halaman Facebook untuk bisnis Anda dan bagaimana melindunginya .
Apa itu Halaman Facebook?
Halaman Facebook dilampirkan ke profil pribadi Anda sehingga Facebook mengetahui siapa pemilik halaman itu, namun ini adalah kehadiran terpisah yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, merek, atau penyebab Anda. Karena halaman dirancang untuk penggunaan bisnis, mereka memiliki sejumlah fitur yang tidak tersedia pada profil termasuk analisis, periklanan, dan penjadwalan posting.
Untuk memastikan Anda menyiapkan halaman Anda untuk sukses, manfaatkan semua fitur yang tersedia untuk Anda.
# 1: Menyiapkan Halaman Facebook
Untuk membuat halaman Facebook untuk bisnis, Anda harus login ke profil Facebook Anda dan klik tombol Home disamping nama Anda.Selanjutnya, klik pada tab Pages di bagian Jelajahi dari sidebar kiri halaman profil Anda.
Mengklik ini membawa Anda ke area Laman utama tempat Anda dapat melihat saran halaman atas, mencari undangan ke halaman lain, melihat halaman yang Anda sukai, melihat halaman yang telah Anda kelola, atau membuat halaman baru.Anda akan klik pada Create Page.
Selanjutnya, Anda akan memilih jenis halaman untuk halaman bisnis baru Anda . Ada enam pilihan:
- Bisnis atau Tempat Lokal
- perusahaan, organisasi atau institusi
- merek atau produk
- Artis, band atau figur publik
- Hiburan
- Penyebab atau Komunitas
Pilih jenis untuk Halaman Facebook Anda dengan saksama.
Setiap jenis halaman memiliki menu drop-down dengan daftar kategori yang luas.
Memilih jenis halaman yang tepat untuk bisnis Anda mungkin tampak langsung pada awalnya, namun setelah melirik kategori, Anda mungkin mendapati bahwa bisnis Anda sesuai dengan jenis halaman yang berbeda dari perkiraan semula.
Ingatlah bahwa setiap jenis halaman memiliki pilihan kategori yang unik, dan setiap pilihan kategori memiliki fitur unik, jadi penting untuk tidak terburu-buru bagian ini; temukan yang pas.
Pertimbangkan fitur yang ditawarkan masing-masing kategori dan kategori untuk halaman Facebook Anda.
Setelah browsing kategori jenis halaman, pilihlah jenis dan kategori halaman Facebook yang akan menjadi pilihan terbaik untuk saat ini . Jika Anda berubah pikiran setelah menerbitkan halaman, Anda dapat selalu kembali dan mengganti kategori.
Isi nama halaman baru Anda beserta bidang informasi yang diminta lainnya, klik Get Started , dan Anda akan dibawa ke halaman baru Anda!
Untuk contoh ini, saya memilih untuk membuat halaman merek dan memberinya nama The Styled Story: Flatlays, Stock Photos and Design.
Anda akan melihat daftar prompt dengan tip dan gagasan yang dirancang untuk membantu Anda membuat halaman yang bagus sebelum Anda mulai mengundang orang untuk menyukainya.
Pada titik ini, Anda ingin membatalkan publikasi halaman Anda sehingga Anda dapat mengerjakannya dari mata publik.Klik Pengaturan di bilah navigasi atas dan buka baris Page Visibility di General Settings.Ubah visibilitas ke Halaman yang tidak dipublikasikan, dan klik Save Changes . Sekarang Anda bisa membangun halaman Anda dan mengungkapnya saat selesai.
Batalkan publikasi halaman Facebook Anda saat Anda berupaya membuatnya siap diluncurkan.
# 2: Merancang dan Menambahkan Gambar Profil ke Halaman Facebook Anda
Foto profil Anda untuk halaman bisnis Anda bisa berupa sejumlah hal:
- Foto produk fisik yang Anda jual
- Foto profesional diri Anda jika Anda adalah wajah bisnis Anda
- Logo anda
Apapun yang Anda pilih, jagalah agar komposisi tetap sederhanasehingga mudah dikenali.
Foto profil Anda harus 180 x 180 piksel untuk memastikan semua detail gambar ada. Anda dapat dengan mudah membuat ukuran yang tepat menggunakan alat gratis seperti Canva.com.
Di dalam Canva, klik Create a Design dan pilih opsi Use Custom Dimensions.
Buat gambar profil di Canva pada 180 x 180 px.
Ketik 180 x 180 px dan klik tombol Desain untuk mencapai halaman disain. Di sini Anda akan mengupload gambar Anda sendiri.
Ubah ukuran gambar Anda sehingga sesuai dengan kuadrat dan terlihat sesuai keinginan Anda. Setelah selesai, beri nama gambar profil Anda dan klik tombol Download.
Sekarang Anda siap untuk mengunggah gambar profil yang baru Anda buat ke Facebook, jadi kembali ke sana dan klik Add a Picture dalam daftar prompt .Meskipun Anda memiliki pilihan untuk mengambil foto dengan kamera komputer Anda, Anda akan memilih opsi Upload Photo.Sekarang, cukup ikuti petunjuk untuk mengupload gambar profil baru Anda .
Muat gambar profil Anda ke halaman bisnis Facebook Anda yang baru.
# 3: Buat dan Tambahkan Foto Sampul untuk Halaman Facebook Anda
Dengan pengecualian mengubah dimensi, Anda akan melalui proses yang sama seperti di atas untuk membuat foto sampul;dimensi untuk foto sampul Facebook adalah 828 x 315 px.
Hal yang perlu diingat adalah area ramah seluler berada di dalam area 560 x 315 px, jadi jika Anda ingin menambahkan kata-kata ke foto sampul Anda dengan menambahkan hamparan teks, pastikan itu terlihat di semua perangkat.
Bila gambar Anda sudah siap,klik tombol Add a Cover di sudut kiri atas ruang Foto Sampul , laluklik Upload Foto . Anda dapatmenarik gambar ke posisi itudengan benar dan saat Anda senang dengan tampilannya, klik tombol Save .
Setelah mengupload foto sampul Anda, klik pada gambar untuk mengisi deskripsi . Ini adalah bagian berharga dari real estat di laman Anda, jadi pastikan untuk memanfaatkan area ini untukberbagi tagline atau titik harga , dan menyertakan tautan ke situs web atau laman landas produk .
Kemudian, jika seseorang mengklik foto sampul Anda, mereka akan mengetahui lebih banyak lagi tentang halaman atau bisnis Anda.
Tambahkan deskripsi pada gambar yang Anda gunakan untuk foto sampul bisnis Facebook Anda.
# 4: Tambahkan Tombol Ajakan Bertindak ke Halaman Facebook Anda
Menambahkan tombol ajakan bertindak ke halaman Anda memberi orang cara mudah untuk melakukan hal-hal seperti mendaftar ke giveaway atau newsletter Anda, membeli sesuatu, dan sebagainya.
Tambahkan tombol Panggil Ke Tindakan ke foto sampul bisnis Facebook Anda.
Begitu Anda mengklik Add a Button , yang terletak tepat di bawah sudut kanan foto sampul Anda, Anda akan diminta memilih tujuh jenis tombol standar .
Anda akan memiliki tujuh jenis tombol CTA untuk dipilih.
Pilihan Layanan Buku memiliki dua tombol.
- Tombol Buku Sekarang memungkinkan orang memesan perjalanan atau janji bertemu dengan Anda.
- Tombol Start Order memungkinkan orang memesan makanan dari Anda.
Pilihan Get in Touch memiliki lima tombol.
- Tombol Call Now memungkinkan seseorang memanggil Anda dengan sekali tekan tombol.
- Tombol Contact Us dan Sign Up membawa pengguna ke formulir di situs Anda untuk mendapatkan prospek atau pengambilan pelanggan.
- Tombol Kirim Pesan akan membuka pesan Facebook pribadi antara pengguna dan halaman Anda.
- Tombol Kirim Email memungkinkan orang mengirimi Anda email langsung dari halaman Anda.
Opsi Learn More memiliki dua tombol.
- Tombol Video Watch membawa orang ke video di situs web Anda atau di Facebook.
- Tombol Learn More akan menunjukkan informasi lebih banyak tentang bisnis Anda kepada seseorang.
Membuat Pembelian atau Donasi memiliki satu tombol.
- Shop Now membuat lebih banyak orang melihat dan membeli produk di situs Anda atau halaman Anda.
Pilihan Download App atau Game memiliki dua tombol.
- Tombol Aplikasi Penggunaan akan mengarahkan orang langsung ke aplikasi Anda dan akan meningkatkan unduhan atau keterlibatan.
- Tombol Play Game memungkinkan orang mendownload atau memainkan permainan Anda.
Jelajahi semua jenis tombol ajakan bertindak untuk melihat mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.
# 5: Tulis dan Tambahkan Deskripsi ke Halaman Facebook Anda
Gunakan area Deskripsi untuk memberi tahu orang tentang halaman Anda. Semakin banyak informasi yang Anda berikan kepada pengikut baru yang potensial, semakin besar kemungkinan mereka untuk bertahan.
Deskripsi Anda terbatas pada 155 karakter dan muncul di hasil pencarian, jadi Anda ingin memikirkan bagaimana calon pengikut mungkin mencari produk atau layanan Anda untuk menemukan halaman Anda secara online.
Klik pada prompt Add a Short Description dan tulis satu sampai dua kalimat , termasuk frasa kata kunci jika sesuai, untuk secara ringkas menggambarkan fokus halaman atau bisnis Anda.
Gunakan kotak prompt untuk membuka kotak Uraian Singkat.
Klik tombol Save dan Anda sudah siap.
Buat deskripsi ramah penelusuran untuk membantu audiens Anda menemukan Anda.
# 6: Buat Username Custom untuk Halaman Facebook Anda
Setiap halaman Facebook menerima pengenal unik di URLnya saat dibuat; sesuatu yang mirip denganfacebook.com/YourPageName-123456789 . Untuk membuat dasi yang lebih dekat dengan bisnis Anda dan untuk mempermudah orang menemukan Anda atau memberi tag Anda di Facebook, Anda dapat menyesuaikan bagian terakhir dari URL Facebook Anda dengan nama pengguna yang unik .
Misalnya, saya mungkin memilih StyledStory sebagai nama pengguna untuk halaman pengujian kami, jadi URLnya akan menjadi facebook.com/StyledStory.
Buat nama pengguna untuk memudahkan orang menemukan Anda.
Secara umum, Anda ingin agar username Anda sesingkat mungkin . Yang mengatakan, Anda harus menghindari singkatan atau akronim yang tidak terkait secara intuitif dengan merek Anda .
# 7: Cara Menyesuaikan Pengaturan Privasi dan Keamanan yang Penting
Setelah halaman Anda disiapkan di ujung depan, sekarang saatnya memastikannya aman, tentukan peran yang akan Anda berikan kepada orang-orang yang memiliki akses atau kelola, konfigurasikan bagaimana masyarakat dapat memberi pesan kepada Anda, dan seterusnya.
Pengaturan Umum
Gunakan area General Settings untuk mengatur kontrol halaman bisnis Facebook baru Anda.
Berikut adalah beberapa pengaturan bermanfaat dari bagian ini:
Ingin menyimpan beberapa langkah untuk menavigasi ke halaman Anda? Aktifkan Jalan Pintas untuk menempelkan halaman Facebook Anda ke bagian jalan pintas profil Andaagar cepat dan mudah mengakses halaman Anda.
Buka Visitor Posts dan pilih untuk mengizinkan orang mempublikasikan posting, foto, dan video ke halaman Anda . Jika Anda khawatir dengan konten yang tidak patut, Anda dapat memeriksa kotak Review Posts by Other People agar Anda menyetujui atau menolak setiap posting sebelum dipublikasikan.
Memberi orang kemampuan untuk mengajukan pertanyaan melalui Messenger mendorong komunikasi, jadi penting untukmencentang kotak Pesan yang menunjukkan tombol Pesan di halaman Anda .
Membiarkan orang dan bisnis lain memberi tag pada laman Anda dan membaginya dengan orang lain adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan Anda ke pemirsa lain. Untuk memanfaatkan ini, centang kotak Other Tagging this Page box .
Gunakan area General Settings untuk mengatur kontrol halaman bisnis Facebook baru Anda.
Jika Anda memiliki bisnis di industri alkohol dan tembakau atau produk sensitif usia lainnya, mungkin ide bagus untukmembatasi usia tertentu dari melihat halaman Anda . Setelan Pembatasan Usia memiliki enam pilihan untuk Anda pertimbangkan.
Setelan Page Moderation penting jika filter senonoh masuk akal bagi bisnis Anda. Anda dapat menggunakan setelan ini untukmemblokir komentar yang menampilkan kata-kata tertentu yang Anda pilih .
Ingin muncul saat seseorang mencari topik atau halaman tertentu di Facebook? Centang kotak Saran Halaman yang Mirip untuk memungkinkan Facebook menyarankan halaman Anda sebagai hasil pencarian yang relevan .
Ada kemungkinan mengizinkan Facebook mempublikasikan sebuah posting setiap kali Anda memperbarui deskripsi, nomor telepon, situs web, dan rincian lainnya, atau menjaga agar pos tersebut tidak dipublikasikan. Edit pengaturan Pembaruan Halaman untuk mencerminkan apa yang terbaik untuk Anda.
Gunakan area General Settings untuk mengatur kontrol halaman bisnis Facebook baru Anda.
Jika Anda memiliki pemirsa global atau multi bahasa, Anda dapat mencentang kotak Post in Multiple Languages dan pos Anda akan ditampilkan kepada penggemar dan pengikut Anda dalam bahasa mereka .
Apakah Anda memiliki preferensi untuk urutan komentar yang dilihat oleh penggemar dan pengikut? Setelan Peringkat Komentar memungkinkan Andamemilih apakah akan menampilkan komentar terakhir atau komentar paling relevan berdasarkan pertunangan terlebih dahulu .
Tahukah Anda bahwa penggemar dan pengikut laman Anda dapat mengunduh video yang dipublikasikan ke laman Anda?Bergantung pada sasaran bisnis Anda, Anda mungkin inginmembatasi pengunduhan video dengan mencentang kotak Distribusi Konten .
Pengaturan Pesan
Saat seseorang mengirim pesan pribadi melalui halaman Anda, Anda memiliki pilihan untukmengaktifkan Asisten Respon untuk memberikan tanggapan otomatis . Pesan ini dipersonalisasi dengan nama pengguna dan Anda dapatmengedit salinan template agar sesuai dengan suara Anda .
Anda dapat mengonfigurasi respons otomatis ke:
- konfirmasikan bahwa Anda telah menerima pesan dan sedang mengerjakan balasan
- biarkan pelanggan tahu Anda tidak masuk, tapi Anda akan membalasnya segera setelah Anda kembali
- terima kasih kepada para pengguna Messenger untuk menghubungi halaman Anda untuk pertama kalinya
Konfigurasikan setiap respons quto yang ingin Anda gunakan untuk halaman bisnis Facebook Anda.
Edit Pengaturan Halaman
Saat halaman Anda dibuat dengan urutan tab default, Anda dapat menyesuaikan urutan dan pemilihan tab yang muncul di sisi kiri halaman Anda di bawah gambar profil Anda. OPen Edit Page Settings untuk mengklik dan drag setiap tab sampai Anda memiliki pesanan yang Anda suka . Misalnya, jika Anda memiliki strategi video yang kuat, Anda dapat memindahkan tab Video ke bagian atas daftar.
Susun ulang tab di halaman bisnis Facebook Anda untuk mencerminkan konten atau strategi pemasaran Anda.
Setelan Pemberitahuan
Setelan ini memungkinkan Andamemutuskan bagaimana Anda diberi tahu saat ada aktivitas di laman Anda . Pikirkan apakah Anda ingin pemberitahuan setiap kali terjadi sesuatu atau setiap 24 jam.
Anda juga dapat memilih jenis aktivitas yang ingin diberitahu.Apakah Anda ingin tahu setiap kali halaman Anda mendapat komentar baru, halaman baru berbagi posting, atau yang baru?Balikkan dan pilihan lain ini dari atau tidak dari dalam bagian ini.
Akhirnya, beritahu Facebook apakah Anda ingin menerima pemberitahuan melalui email, teks, atau keduanya .
Setelan Platform Messenger
Messenger berkembang dengan cepat di Facebook dan fitur Discover yang baru memungkinkan orang menemukan bisnis Anda untuk mengirim pesan. Anda dapatmemanfaatkan visibilitas yang diperluas dengan memilih membiarkan Facebook menampilkan halaman Anda di Discover.
Setelan Halaman Peran
Peran Halaman pantas mendapat pertimbangan serius karena mereka mengendalikan siapa yang bekerja di laman Anda dan tingkat akses yang mereka dapatkan . Meskipun Anda dapat memiliki beberapa orang yang bekerja di laman Anda dengan berbagai peran, Anda mungkin ingin menjadikan diri Anda sebagai satu-satunya administrator dan menetapkan tingkat tanggung jawab yang berbeda kepada anggota tim Anda yang lain.
Berikan setiap anggota tim Anda hanya akses yang mereka butuhkan untuk mengelola bagian halaman bisnis Facebook Anda.
Saat Anda mengeklik peran laman di menu, Facebook memberikan deskripsi tentang akses yang dimiliki masing-masing. Gunakan ini untuk membantu memandu pemilihan peran halaman bagi siapa saja yang membantu mengelola halaman Facebook Anda.
Pengaturan Orang dan Halaman Lainnya
Ini memberi Anda daftar halaman dan orang-orang yang menyukai halaman Anda. Jika Anda perlumelarang seseorang , Anda bisa melakukannya di sini.
Setelan Pemirsa Halaman Pilihan
Jika Anda tahu siapa klien ideal Anda, Anda dapat menyiapkan pemirsa tertentu di sini yang akan membantu Facebook menempatkan halaman dan posting Anda di depan orang-orang yang sesuai dengan target ini .
Tentukan Pemirsa Pilihan untuk membantu Facebook memahami siapa yang ingin dijangkau dengan pos Anda.
Kotak Masuk Dukungan Halaman
Last but not least adalah inbox praktis ini untuk setiap tiket dukungan yang telah Anda kirimkan ke Facebook untuk halaman Anda. Anda dapat memantau permintaan dukungan di sini.
# 8: Menyelesaikan Rincian Halaman
Ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan sebelum Anda mempublikasikan halaman Anda dan mulai posting.
Klik pada tiga titik pada foto sampul Anda untuk menunjukkan drop-down yang akan memungkinkan Anda menambahkan beberapa detail terakhir ke halaman Anda.Mulailah dengan Edit Info Laman. Setelah menyelesaikan detail ini,klik See All Information untuk mengungkapkan banyak tempat guna memberikan informasi lebih rinci tentang bisnis Anda.
Jalankan melalui bagian About untuk menyelesaikan semua informasi Anda.
Jelajahi semua pilihan, namun berikan pertimbangan khusus berikut ini:
- Di bawah Contact Info, pastikan untuk menambahkan akun media sosial lainnyasehingga orang dapat mengikuti Anda di sana juga.
- Sambungkan profil anggota tim unggulan untuk menciptakan personal branding yang lebih kuat.
Anda bisa menambahkan menu, memamerkan penghargaan yang telah Anda menangkan, dan bahkan menambahkan deskripsi produk yang Anda tawarkan .Pastikan untuk menggunakan semua pilihan yang masuk akal untuk kehadiran unik Anda, dan ingat Anda selalu dapat kembali menambahkan sesuatu atau membuat perubahan.
Bila Anda puas bahwa semuanya ada, saatnya menerbitkan halaman Anda dan mulai posting.Klik Pengaturan di bilah navigasi atas dan buka baris Page Visibility di General Settings .Ubah visibilitas ke Page Ditampilkan dan klik Save Changes .
Ringkasan
Memiliki halaman bisnis Facebook memudahkan pelanggan baru untuk menemukan Anda, terlibat dengan konten Anda, dan membeli dari Anda.
Gunakan tip ini sebagai panduan untuk membantu Anda membuat halaman Facebook yang sesuai dengan dan mempromosikan bisnis Anda dengan cara terbaik.
